Monday, June 13, 2016

Belajar Bahasa Arab

Belajar bahasa arab , yah pada artikel ini tidak akan menuliskan bagaimana belajar bahasa arab bagi pemula namun hanya sedikit curhat tentang pengalaman belajar bahasa arab seorang pemula seperti saya ini hihi


"Pelajarilah bahasa Arab, karena ia adalah bagian dari agama kalian." (Umar bin Khattab) 


Pada tahun 2015 saya termotivasi kembali untuk belajar bahasa arab , mengapa ? karena saya rasa saya harus belajar bahasa arab , apalagi jika kita pelajari dari Al Qur'an & Sunnah tentang bahasa arab banyak sekali faidah-faidah jika kita mau belajar dan mengamalkan bahasa arab.Banyak juga para hafidz quran yang menyarankan tidak hanya hafal ayatnya saja tetapi juga tahu arti artinya supaya tidak mudah lupa dan hafalannya tetap terjaga  speechles saya mendengarkan kalimat itu :( 


Sedikit share pengalaman saja ketika dahulu masih dipesantren ketika belajar bahasa arab saya harus belajar tentang nahwu & sorof , yah itu adalah salah satu bagian dari belajar bahasa arab.ibaratnya bahasa arab itu hanpir sama kaya bahasa inggris tetapi lebih luas bahasa arab karena disana banyak sekali rumus yang dipakai dalam belajar bahasa arab .dipondok saya dhulu ketika masih kelas satu untuk belajar bahasa arab itu sehari 2 kali mater untuk nahwu dan sorof yaitu waktu sore hari ba'da ashar  belajr kitab amtsilah tasrif .kitab tersebut kurang lebih belajar tentang grammer bahasa arab harus paham seperti kata dasarnya apa kemudian jika kalimat ini artinya apa dan seterusnya .contoh kaa na yakuuna bla bla bla 


kemudian dilajut ngaji dimalam hari ba'da magrib setoran kitab matan jurumiyah , yah masih seputaran bahasa arab dulu paling males kalo setoran ini haha.mungkin karena emang gak suka sama ustadznya jadi males setoran .kalo saya memang orangnya seperti itu yang penting orangnya kalo gak sreg sama orangnya ya gak mau upss jangan dicontoh sifat kaya gitu ya hihihi.oya untuk kitab matan jurmiyah kurang lebih kita belajar untuk membacara arabnya kemudian mebaca menterjemahkan ibaratnya kita belajar membaca bahasa arab ( materi bahasa arab ) kemudian kita menterjemahkannya jadi isinya materi bahasa arab kemudian kita terjemahkan materi itu kurang lebih seperti itu kalo lupa mohon dimaklumi karena itu memori 10 tahun yang lalu 


ya mungkin itu sedikit pengalaman saya tentang belajar bahasa arab ketika masih dipesantren , dan sekrang saya jg sedang mencoba kembali untuk belajar bahasa arab .sumpeh penting banget menurut saya bahasa arab itu selain untuk membantu hafidz quran juga masih banyak menfaat-manfaat lainn



Yogyakarta , 14 Juni 2016

Bagikan

Jangan lewatkan

Belajar Bahasa Arab
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.