Saturday, June 18, 2016

Jadilah Seorang Pembelajar

Jadilah seorang pembelajar , motivasi saya untuk menulis artikel dengan judul "Jadilah Seorang Pembelajar" setelah saya membaca beberapa postingan blog dari seorang CEO IDCLOUDHOST yaitu beranama mas Alfian pemuda yang menurut saya sangat inspiratif dan menjadi juara di wirausaha muda mandiri dengan alamat blog nya di alfian.masuk.web.id .Jujur saya dahulu saat masih semangat-semangatnya untuk menjadi wirausaha saya juga memiliki impian untuk bisa ikut diajang wiruasaha muda mandiri yang diprakarsai oleh bank mandiri bahkan pada saat itu sempat ingin mendaftar namun tidak jadi. Oke setelah saya membaca cukup banyak tulisan dan beberapa judul yang ditulis oleh mas alfian saya juga kurang lebih pernah merasakan seperti beliau bedanya saya pernah mengalami kemudian lenyap tetapi kemudian mas alfian sendiri justru sekarang semkain bersinar dan semakin berkembang terus mengibarkan bedera IDCLOUDHOST untuk kebermanfaatan bagi umat 




Dari apa yang dituliskan oleh mas alfian tentang perjalanan hidupnya membangun sebuah startup  saya juga menjadi semkain termotivasi untuk kembali kedalam dunia startup khusunya dibidang webhosting karena dahulu saya juga pernah berkecimpung didunia itu walau hanya bisa bertahan selama 2 tahun dan satu tahun ini benar-benar vakum didunia perhostingan.Namun setelah vakum hampir 1 tahun ini saya akan kembali bangkit dan berkibar didunia perhostingan untuk kembali membangun brand baru dan bersama team baru kebetulan saya juga ada teman yang memiliki impian untuk membangun sebuah binis data center semoga teman saya itu bisa merealisasikan impiannya untuk terjun didunia bisnis data center. 


oke kembali ke topik utama dengan tema "Jadilah Seorang Pembelajar" pada tahun 2012 kalo tidak salah memiliki sebuah blog pribadi yang beralamat andisuherman.web.id namun kini sudah non atif karena saya tidak memperpanjang domain dan hosting blog tersebut . Berawal dari blog saya belajar untuk mendesain blog saya pribadi mulai dari layout hingga desain header walaupun menurut saya desainnya masih sangat kaku namun itulah salah satu pembelajaran saya untuk mengenal dunia web desain . Setelah layout dan desain header maka saya mulai aktif menulis diblog tersebut dan pada ahirnya ketika mungkin beberapa orang terdekat sudah pernah mampir ke blog saya hingga pada suatu saat saya mendapat tawaran untuk mengerjakan sebuah website kampanye bupati di daerah saya yaitu di cilacap . saya pun bertanya kepada teman saya tersebut bagaiman untuk desain webnya ? kemudian beliau menjawab seperti desain blogmu ndi #jleb dalam hari saya pun wah gampang kalo desainnya kaya blog saya itu hehe.oke setelah deal utk masalah desain kemudian deal masalah harga , untuk pertama bagi waktu itu harga segitu alhamdulilah walapun tak seberapa tapi itulah awalnya saya terjun kedalam dunia web desain dan webhosting saya belajar begaimana mendesain sebuah web kemudian saya belajr memahami dan mempelajari domain dan hosting hingga waktu itu orderan pun makin bertambah untuk pembuatan website kira2 saat itu ada 5 orderan website dari teman saya nah berhubung itu sebagai peluang kemudian sana dan teman-teman saya beriskusi untuk masalah pembuatan bisnis barengan dan alhamdulilah kemi ber 3 sepakat untuk membuat sebuah startup dengan dana iuran dimana dana itu kita bangun untuk mendirikan sebuah binis domain dan hosting beserta web desain walupun memang kita tim namun faktnya  dilapangan saya sendiri yang menyeting server billing hingga menentukan harga jual tapi disitulah saya merasakan proses pembelajarn yang awalnya tidak tahu sama sekali tentang dunia webhosting saya kemudian belajar akan itu saya benar2 belajar secara otodidak


Belajar Memahami Karakter Seseorang

Didalam sebuah perjalan tentu kita akan menemui sebuah pelajaran yang mungkin itu sangat berharga bagi kita . Saya saat itu mulai belajar untuk memahami sebuah karakter seseorang baik karakter klien atau pun partner sendirti yaitu team saya , dalam perjalanan sebuah tujuan sleksi alam akan menjawab .mungkin kita sering mendengar kata2 sleksi alam yah percaya atau tidak bercaya sleksi alam itu akan menjawab dan membuktikan siapa yang akan tetap bertahan atau mereka yang hanya menjalankan sesuatu hanya setengah-setengah atau pun kurang serius dalma menjalankan sesuatu sehingga dalam perjalanan mereka mundur langkah demi langkah .faktor yang mempengaruhi itu sebenarnya masalah tujuan dan mental .kita perlu tata dahulu tujuan kita apa dalam melakukan sesuatu.sebagai contoh jika kita berbisnis dengan tujuan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya tentu kita akan sering melakukan loncatan bisnis apapun yang menurut kita memiliki penghasilan yang lebih besar.kita juga merasa senang jika kita memiliki banyak uang namun apakah kita hidup untuk mencari dan menumpuk uang sebanyak-banyaknya ? jika iya berarti kita termasuk budak dunia dimana uang adalah tujuan dari kehidupan yang sebentar.kita mungkin memiliki seorang teman yang begitu bersemangat dalam dunia bisnis , namun perlu kita ketahui track recod mereka dalam menjalani kehidupan ini didalamdunia bisnis ada yang mereka loncat sana loncat sinis dan hasilnya tidak ada yang berhasil ada juga yang beberapa kali locatan mereka menemukan jalannya disitu. Kita bisa belajar dari teman kita apakah mereka memiliki jiwa wirausaha karena didalam wirausaha tersebut banyak unsur mulai dari leadership , mangemen , marketing , comunication , devlopment , finance dll . jika kita mengambil keputusan untuk berwirausaha maka mau tidak maukita akan belajar banyak unsur didalamnya tetapi jika kita hanya orientasinya kepada uang mungkin kita akan sedikit acuh kepada elemen-elemen diatas karena orientasinya hanyalah uang dan uang sehingga tidak mau belajar elemen-elemen yang sudah menjadi paket dalam wirausaha. Mental wirausaha itu tahan banting karena dunia bisnis itu keras apalagi jika kita baru pertama berjuang untuk membangun bisnis dinutuhkan kesabaran untuk melalui itu apalagi dibidang startup ada yang bilang jika startup 5 tahun pertama akan mengalmai perjalanan yang sangat berat namun jika sudah melewati tahun ke 5 itu baru bisa sedikit lega ada juga paramater bisnis starup dilihat tahun ke 10 jika tahun ke 10 masih eksis berarti sudah sukse dalam menjalankan bisnsi startup.karena membangun bisnis startup berdarah-darah diawal jika tidak sabar karena mendaptkan hasil yang minim pasti akan mundur walaupun memang kita memiliki teori analisis yang berbeda-beda baik dari para tokoh , akadmeisi atau pun praktisi binsis .tapi dalam perjalanan kita mampu melihat seberapa kehigiha seseorang dalam menjalankan bisnisnya apakah mau belajar atau tidak jika tidak mau belajar maka akan  mundur dan meloncat ke bidang lain   



Bagikan

Jangan lewatkan

Jadilah Seorang Pembelajar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.