Monday, September 28, 2015

Seperti Apakah Sifat Perfeksionis Itu ?

Kehidupan kadang turun kadang naik , kadang diatas kadang dibawah kadang senang kadang sedoi kadang bersemangat kadang bermalas-malasan .tapi itulah warna kehidupan yang dijumpai oleh manusia.Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang terus mengalami perbaikan baik perbaikan kepribadian,mentalitas,atau pun hal ibadah

( sumber gambar https://invigoratedsolutions.wordpress.com )

Hal yang tidak mustahil jika seseorang ingin selalu ada progres dalam setiap kehidupannya , apalagi untuk masalah ilmu lebih-lebih ilmu agama karena itu sangatlah penting.tapi seseorang sudah memiliki garisnya masing-masing semua sudah ditakdirkan oleh sang maha pencipta untuk garis kehidupannya , tinggal manusia menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya.

Ada orang yang hidupnya semangat karena mereka memiliki mimpi-mimpi hidup yang jelas ada pula orang yang menjalani hidup semaunya sendiri tanpa ada perencaan serta tanpa ada motivasi hidup.tapi bukan berarti semua orang tersebut tidak memiliki impian atau pun rencana dalam kehidupannya , hanya saja setiap orang memiliki kadar motivasi yang berbeda beda ada yang sangat bersemangat akan menjalani hidup dan sebaliknya.

Semenjak saya belajar tentang organisasi waktu SMA kira-kira tahun 2010 saya benar-benar merasakan hidup  ini indah , hidup ini penuh warna hidup ini penuh akan manfaat jika kita bisa memanfaatkan setiap detik waktu untuk kebermanfaat bagi sesama.”Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Saat itu saya benar-benar menjadi orang yang perfeksionis , apakah itu perfeksionis ? yaitu menilai dan melakukan dari sesuatu yang harus sempurna.sempurna disini maksudnya adalah sesuai apa yang kita inginkan , jika kita menginingkan sesuatu dan memperoleh sesuatu tersebut sesuai dengan harapan atau pun keinginan maka kurang lebih seperti itulah sifat perfeksionist.Melakukan semua susatu harus sempurna , harus terencana harus tepat waktu harus sesuai apa yang dikehendaki bersama,harus konsisten dan lain sebagainya.

Banyak faktor juga yang mempengaruhi akan sifat tersebut diantaranya adalah golongan darah, sebuah penelitian diluar negri kebanyakan sifat tersebut ialah banyak terjadi pada golongan darah A.apakah pembaca termasuk golongan darah A ? apakah pembaca mengalami hal yang demikian ? cobalah sejenak bertanya pada diri sendiri dan merenungi hal tersebut.jika iya ,berarti penelitian tersebut memang mendekati akan kebenarannya.

Faktor-faktor pendukung dalam sifat tersebut salah satunya ialah faktor keluarga , kenapa faktor keluarga mempengaruhi akan hal ini ? karena berawal dari keluargalah disitu akan berpengaruh pada diri seseorang.kepribadian seseorang akan terbentuk dari lingkungan dimana ia tinggal.jika ia tinggal dilingkungan yang taat agama maka karakter orang tersebut akan akan taat agama, jika ia tinggal dalam lingkungan keluarga yang metode pendidikannya keras maka disitu akan tumbuh kepribadian yang tegas pula dan banyak contoh yang lain dalam situasi dan kondisi bagaimana lingkungan mampu mempengaruhi karter termasuk adalam sifat perfeksionis

Sebagai contoh jika seseorang yang terlahir dari keluarga yang terpandang atau keluarga yang cukup disegani dikampugnya maka ia akan menjaga bagaimana akhlaq serta tingkahlaku dalam kesehariannya atau pun akhlaq dimana ia bermasyarakat.mengapa demikian ? karena untuk menjaga nama baik keluarga tersebut.tidak sembarangan ia bergaul,tidak akan menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak penting saat bermasyarakat atau pun yang lainnya.perfeksionis banyak kekurangan serta banyak kelebihannya juga.diataranya dari kelebihannya tersebut ialah sangat menghargai waktu.ia akan mencoba untuk tidak akan terlambat dalam menghadiri suatu acara atau sebuah janji.ia akan selalu tepat waktu,namun salah satu kekrangan dari sifat tersebut ialah terlalu menuntut orang lain untuk melakukan hal apa yang ia nginkan.jadi memang sifat perfeksionis tersebut memiliki kekurangan serta kelebihan.demikian artikel tetang perfeksionis

Bagikan

Jangan lewatkan

Seperti Apakah Sifat Perfeksionis Itu ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.